23 Jun 2010

Before Sunrise

Akhirnya kesampaian juga nonton film satu ini.Hurrayyy!!!! Setelah sekian tahun lamanya (lebay!!). Tapi emang bener, aku denger judul film ini pertama kali gara-gara baca buku "5 cm"nya Donny Dhirgantoro. Padahal di buku itu cuma beberapa kalimat aja bahas filmnya, tapi gara-gara udah suka banget sama bukunya jadi percaya kalo film itu harus ditonton. Dan...tararaaa!!!! Aku udah nonton!!!! (lebay lagi) emoticon Pictures, Images and Photos


Awalnya penasaran sama film ini, apa yang bikin bagus dan layak tonton, katanya quotationnya bagus dan cerita tentang kehidupan. Dan memang benar... Dalam filmnya cuma ada 2 tokoh utama saja, Jesse (Ethan Hawke) dan Celine (Julie Delpy), yang lain cuma pameo saja. Ceritanya tentang mereka berdua yang tidak sengaja ketemu di dalam kereta pas mau ke Paris karena saat itu ada pasangan paruh baya yang lagi ribut, akhirnya Celine pindah di bangku seberang Jesse dan mereka saling berkomentar tentang pasangan tersebut. Komentar pun berlanjut menjadi sebuah obrolan yang bagus banget kalo aku bilang. Uhm...kalo dalam bahasaku, aku mengistilahkannya dengan "membicarakan hal-hal yang terlihat ga penting tapi sebenernya penting banget". Nah lho??? Ya begitulah, mereka berbicara tentang kenapa pasangan itu ribut, kenapa pasangan yang sudah tua semakin sering ribut, tentang apa yang diinginkan di masa depan, dan banyak lah.

Sampai saat kereta di Vienna, Jesse seharusnya turun tapi entah kenapa mereka berdua merasa cocok dan sayang kalo menghentikan obrolan menarik itu. Akhirnya Jesse meminta Celine untuk ikut turun di Vienna dan menghabiskan waktu sehari disana. Sepanjang hari sampai pagi berikutnya mereka berjalan keliling Vienna sambil ga berhenti bercerita tentang banyak hal. Pagi harinya dengan berat hati mereka memutuskan untuk berpisah, kembali ke kehidupan mereka masing-masing dan berjanji untuk bertemu di Vienna lagi 6 bulan kemudian.

Kalo di liat dari alurnya, lambat banget, bahaya bagi yang gampang ngatuk. Tapi kalo di liat dari isinya bagus banget, berat dan sangat berisi obrolannya. Ada banyak obrolan mereka yang bisa dijadiin quotes. Ini beberapa quotes yang aku suka :
  • Celine -- I believe if there's any kind of God it wouldn't be in any of us, not you or me but just this little space in between. If there's any kind of magic in this world it must be in the attempt of understanding someone sharing something. I know, it's almost impossible to succeed but who cares really? The answer must be in the attempt.
  • Celine -- "I like to feel his eyes on me when I look away."
  • Celine -- "When you talked earlier about after a few years how a couple would begin to hate each other by anticipating their reactions or getting tired of their mannerisms-I think it would be the opposite for me. I think I can really fall in love when I know everything about someone-the way he's going to part his hair, which shirt he's going to wear that day, knowing the exact story he'd tell in a given situation. I'm sure that's when I know I'm really in love. "
  • Jesse -- "Um... I want to keep talking to you, y'know. I have no idea what your situation is, but, uh, but I feel like we have some kind of, uh, connection. Right?"

Uhmmm...masih banyak lagi obrolan mereka yang aku suka. Benar-benar mengingatkan aku dengan Ima dan Mami. Dua teman yang paling sering ber"badai otak" bersama, membicarakan "hal-hal ga penting tapi sebenermya penting" sampai kehabisan kata-kata. Dan dari film ini, semakin membuatku ingin mewarnai hidupku, membuatnya lebih berarti bagiku dan semua orang di dekatku, dan pastinya membuat "tidak biasa".
Special thank's to Ajis for that movie. emoticon Pictures, Images and Photos

0 comments: