3 Jun 2008

Namanya juga relawan ya kudu rela





Uhmm...mau sedikit cerita pas aku ikut jadi relawan Gempa Jogja & Jateng tahun 2006… jadi pas itu, bbrp dosen di jurusanQ aktif di PMI dan menawarkan ke mahasiswa untuk ikut jadi tim relawan…dan aku pun ikut!!! Banyak hal yg pengen dilakuin dsana, yg jelas pengen bantu para korban bencana di sana… setelah daftar dan dapat jadwal, akhirnya berangkatlah kami… aku dan teman2 diperbantukan di dapur umum untuk para relawan, jadi qta cuma bantu di Posko relawan PMI di daerah Klaten. Rada kecewa juga, karena ga bisa langsung bantu para korban, tapi setelah dipikir2 secara ga langsung ikit membantu mereka juga. Kalo ga ada yg ngurusin ransum para relawan, trus mereka ikutan sakit kan berabe juga…mengingat kerjaan mereka amat sangat berat karena jumlah korban sangat banyak.


Aku & 3 temanku dari kampus saat itu bareng sama 6 teman dari kampus lain dan beberapa TSR PMI dari Lumajang, qta ada di dapur umum. So, yg qta kerjain nyiapain makanan , 3 kali makan untuk entah brapa banyak relawan, aku lupa, yg jelas itu pertama kalinya aku masak sebanyak itu. Perabot masaknya aja segede gaban semua… bener2 banyak dah… Dan setelah menjalani, ternyata ga segampang yg dibayangin, mungkin emang sekedar masak, tp di kulaih ku, emang masak ga sekedar masak, makan juga ga sekedar makan…intinya meskipun tetep harus berkualitas, minimal emang layak dimakan hasilnya… Qta semua harus bangun pagi2 bener, jam 3 udah bangun buat belanja dan sebagian siap2 masak… berlari dg waktu, jangan sampe disaat para relawan mau berangkat ke lokasi korban gempa untuk menjalankan tugasnya, makanan belum ada, dan mereka berangkat dengan perut belum terisi. Makanan yang dimakan pun juga harus bisa memenuhi kebutuhan mereka dan aman untuk dimakan. Kebayang kan kalo makanan asal dibuat, akhirnya malah bikin mereka sakit, tambah deh korbannya…


Selain nyediain ransom mereka, kalo pas qta longgar, qta juga diajak untuk membagi bantuan ke korban bencana, ato ikut mendata korban bencana. Di posko, qta juga sering buat tempat cerita para relawan lain, pas waktu makan mereka ke camp, makan sekaligus cerita suka duka mereka pas ke lokasi gempa. Gimana kasihannya para korban, gimana susahnya menjangkau daerah yg jalannya ga bisa dilewati gara2 rusak kena gempa, gimana bingungnya mereka di saat lg ngurusin korban gempa trus tiba2 Gunung Merapi berulah dengan larva pijar dan awan panasnya, trus gimana para relawan yg ambruk juga, ikutan sakit, gara2 kecapekan, gimana susahnya mereka berkomunikasi dengan penduduk local yg ga bisa bahasa Indonesia sedangka relawannya orang luar Jawa…


wuuuiiihhh….banyak deh…bener2 saling membutuhkan disana…apalagi semua jauh dari rumah, di saat lagi kangen sm kampong halaman, ya yg ada cuma sesama relawan disana. Bener2 manusia emang ga bisa hidup tanpa orang lain yah, makhluk lain lebih jeLasnya, tp bukan berarti qta manusia boleh menggantungkan diri begitu saja deh….dan bukan berarti krn ga mau tergantung dg orang lain trus jd masa bodoh dg orang lain… mungkin lebih baik sadar diri akan kemampuan diri sendiri aja kali yah…tetep berusaha semaksimal mungkin tapi tetep peduli dengan sekitar,..jadi disaat qta butuh bantuan ada yg bantu, saat orang lain butuh bantuan qta bisa melakukan hal sebaliknya, ganti membantu…


Oh iya, pas dsana aku sempat mengalami beberapa kali gempa susulan, malem2 pula, sampe sempat 3 kali pindah tempat tidur. Awalnya aku tidur di ruangan sebuah gedung gitu, pas ada gempa aku dibangunin….hehehhee…kayanya aku emang kLo tidur kebo bgt, gempa aja ga kerasa sampe kudu dibangunin =p aku disuruh pindah tidur di luar, takutnya ntr sampe roboh gedungnya. Akhirnya tidur di teras ruangan, eh…baru kira2 15 menit tidur udhdibangunin lg, katanya ada gempa lagi, pindah lagi…tidur di camp deh…malah ga bisa tidur akhirnya, gara2 tanahnya ga rata, yg ada sakit semua badanQ…


Hummm…pengalaman yg cukup memperkaya batin…halah…sok bgt yah =p tp bener, itung2 mnambah empati ke orang lain lah…nambah temen, nambah sodara, nambah pengalaman, nambah kepekaan buat peduli sama sekitar, nambah nyadar kalo Tuhan Maha Besar deh…

Jadi kangen sama temen2 dulu…. I miss this moment, tp ga mau mengulang ato merasakan lagi, udh cukup bencana di Tanah Air Kucinta ini…

4 comments:

Raka - "Sunny" mengatakan...

siap jadi relawan lagi mbak weni??? huehehehe

Anonim mengatakan...

[B]NZBsRus.com[/B]
Forget Sluggish Downloads Using NZB Downloads You Can Quickly Search Movies, Games, MP3s, Software and Download Them at Flying Speeds

[URL=http://www.nzbsrus.com][B]Newsgroup Search[/B][/URL]

Anonim mengatakan...

I read this forum since 2 weeks and now i have decided to register to share with you my ideas. [url=http://inglourious-seo.com]:)[/url]

Anonim mengatakan...

top [url=http://www.xgambling.org/]casino games[/url] hinder the latest [url=http://www.casinolasvegass.com/]free casino[/url] manumitted no deposit hand-out at the leading [url=http://www.baywatchcasino.com/]online casino
[/url].